catatan kecil dari pinggir hati

Penerus atau Pewaris?


Alih generasi adalah keniscayaan. Mulai dari hal terkecil dalam keluarga hingga sebuah negara, regenerasi adalah hal yang tak mungkin dihindari. Generasi tua akan mengalami akhir masanya digantikan oleh generasi muda berikutnya yang lebih fresh dalam pemikiran, dan sigap dalam tindakan.
Menurut saya, ada dua tipe proses regenerasi yang biasa terjadi :
  1. Penerus
  2. Pewaris
Dua hal ini sebetulnya mempunyai karakter masing-masing.


PENERUS
Ialah generasi yg sifatnya melanjutkan apa yg sudah dibuat oleh pendahulunya. Tapi biasanya penerus punya hak yang minim terhadap kepemilikan aset dari tempat dimana ia berproses tersebut.

PEWARIS
Selain melanjutkan, biasanya pewaris juga mempunyai hak kelola atas aset yang ada.

Permasalahan mulai terjadi ketika seorang yang mewakili sebuah generasi tak mampu atau menerapkan 2 hal tersebut pada tempatnya. Seorang yang mempunyai mental leader akan paham bahwa apa yang padanya adalah titipan dari generasi berikutnya, tak semuanya penuh menjadi hak miliknya. Pemimpin negara atau kerajaan, pewaris atau penerus? Apakah setiap generasi pemimpinnya berhak memiliki harta bergerak maupun tak bergerak yang ada di dalam negara/kerajaan tersebut?
Semua kembali kepada mental leadershipnya. Ketika pemimpin menyadari bahwa bawahan atau rakyatnya ikut berhak atas aset, utamanya aset moral dan aset hak hidup maupun berbudaya, maka ia akan menempatkan diri sebagai PENERUS.

Generasi PENERUS adalah generasi yang tahu mana yang boleh dan tak boleh dikuasai. Mampu menjalankan aset dan bahkan mengembangkannya, bukan menggerogoti untuk kepentingan diri sendiri maupun anak keturunannya.

Semoga para pemimpin negeri ataupun kerajaan di negara ini paham, bahwa mereka hanya berjalan melintas sesaat, bukan diam dan menggerogoti warisan dari pendahulunya. Generasi PENERUS adalah generasi BERGERAK dan tak lupa akarnya.

Seperti kutipan dalam geguritan ini.

Hamemayu Hayuning Bawono...


Tamansari, 13 Juli 2015








1 comment:

  1. Terimakasih gan, keep blogging. templatenya bagus ini, pengen deh punya blog kayak gini.

    ReplyDelete

Penerus atau Pewaris?