catatan kecil dari pinggir hati

Motif Lengkung dan Garis, Belajar dari Film Malena

Layar televisi modern terdiri atas dot/titik2 yang kemudian membentuk garis vertikal dan horisontal yang akhirnya kita kenal dengan resolusi. Dari teknik dasar ini dapat kita tarik kesimpulan bahwa televisi adalah kumpulan garis dengan berbagai macam ukurannya.
So, ketika kita mencoba untuk create sesuatu di dalamnya maka kita harus paham betul dengan karakter media kita. Seperti saat kita melukis, kita harus tahu ketebalan kanvas, jenis bahan pembuat kanvasnya, dsb. Nah disinilah tantangan sebenarnya, ketika mata kita hanya dihadapkan pada garis resolusi, sementara mata kita secara alamiah tidak menyukai garis dan sudut karena tubuh kita sendiri tidak mempunyai sudut. Garis dan sudut biasanya akan mengesankan sesuatu yang keras, tajam.

Berikut ini ada beberapa gambar yang akan memperlihatkan bagaimana seorang sineas mencoba mencari keseimbangan antara garis dan motif lengkung untuk menjaga agar mata penonton tidak terlalu lelah menikmati film mereka :


Coba kita simak shot pantai di atas….Garis horisontal cakrawala dibuat sedemikian rupa sehingga benar2 lurus dengan batas frame bagian atas. Saat garis ini tidak lurus maka mata penonton akan mengalami distorsi dan akan mengurangi kenyamanan mereka.
Coba kita lihat gambar berikut :


Motif lengkung yang terdapat di lantai diseimbangkan oleh bentuk garis yang dihasilkan oleh bayangan kursi. Motif garis ini dibuat sebagai penguatan terhadap scene ini secara dramatiknya.
So, saat kita mencoba berkreasi sebagai seorang sineas, kita harus bisa membuat balancing yang nyaman di mata penonton dan melakukan stressing2 tertentu dalam sebuah shot yang tentunya diharapkan bisa membantu tangga dramatik sebuah alur cerita, dan bukan malah merusaknya.


Pada gambar di atas dapat kita lihat bahwa hampir semua elemen setting yang ada terdiri atas garis vertikal dan horisontal yang tegas, mulai dari kursi, meja, tembok, lantai. Namun bagi saya, masih cukup nyaman untuk melihat komposisi ini. Why? Coba lihat meja dengan bentuk melengkung yang panjang di sebelah kanan. Elemen ini bisa membalance mata kita dari garis2 yang bersliweran di frame ini. Sementara itu dengan komposisi dan framing yang tepat gambar ini menghasilkan perspektif yang bagus.





0 Komentar:

Post a Comment

Motif Lengkung dan Garis, Belajar dari Film Malena