catatan kecil dari pinggir hati

Dibalik Layar Film Sebelum Serangan Fadjar

Gagasan Awal
Ide awal film ini sebetulnya dimulai sejak tahun 2012. Saat itu, saya, M. Aprisiyanto (selanjutnya saya sebut Jupri), dan bagus Suratyo (selanjutnya saya sebut Ratyo) diberi kepercayaan untuk membuat sebuah film dokumenter profil Sri Sultan HB IX yang akan diputar di acara Misa dalam rangka peringatan 100 tahun HB IX yang diselenggarakan oleh kevikepan DIY. Selain itu film profil tersebut juga diputar di pagelaran Kraton dalam acara puncak peringatan 100 tahun HB IX. Pada saat proses pengerjaan film profil, kebetulan salah satu referensi yang saya tonton adalah film Janur Kuning.  Film ini membuat saya tergelitik untuk membuat semacam film pendek yang mengetengahkan proses perjuangan HB IX di masa sebelum 1 Maret 1949.

Mission Board Film Sebelum Serangan Fadjar

Akhir tahun 2013, kebetulan saya dan kawan-kawan membuat film untuk Dinas Kebudayaan DIY. Pada waktu saya dipercaya oleh salah satu teman (produser dari Matrixinema) untuk menyutradarai sebuah film dokumenter berjudul Paseban Agung. Detail film ini silakan tengok disini . Berbekal perkenalan kami dengan sie film Dinas Kebudayaan, maka di awal 2014 ide film Sebelum Serangan Fadjar (selanjutnya saya sebut SSF) kami sampaikan kepada Sie Film dan gayung bersambut. Maka dimulailah proses film ini.

Selamatan dan Nyekar
Tepat tanggal 28 Februari 2014, kru film SSF membuat selamatan produksi di kantor Sanggit Citra Films , dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY GBPH Yudaningrat, Kepala Bidang, Sie Film, tokoh masyarakat di sekitar kantor, dan warga sekitar. Tanggal ini sengaja dipilih pas sebelum peringatan Serangan Umum 1 Maret, yang menjadi tema besar film SSF.









Pada tanggal 1 Maret 2014, kami tim produksi awal film SSF yang terdiri dari produser, sutradara, penulis naskah, desainer produksi, dan tim riset sowan dan nyekar ke makam HB IX dan Pak Harto. Niat baik didukung doa adalah kekuatan yang hakiki.





Penulisan Naskah, Casting, dan Workshop Pemain
Tim riset kecil dibentuk untuk mendukung data yang akan dituangkan menjadi naskah film SSF. Melakukan penggalian data, baik melalui riset pustaka maupun nara sumber. Salah satu nara sumber yang kami wawancarai adalah KRT Jatiningrat (Rm. Tirun) dari pihak Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.




Selanjutnya kami melakukan casting. Tidak mudah untuk menemukan pemeran HB IX, Pak Harto, dan Pak Dirman untuk film SSF. Melalui beberapa meeting dan draft, akhirnya naskah final film SSF dan pemain utama film SSF bisa kami presentasikan kepada Dinas Kebudayaan di sekitar bulan April 2014.




Selanjutnya dilakukan proses workshop pemain  kurang lebih selama hampir 2 bulan dengan intensif.




Dan para pemain utama juga sowan dan nyekar ke makam HB IX, Pak Harto, dan Pak Dirman





Pengambilan gambar film ini dilakukan pada tanggal 1-6 Juni yang lalu, mengambil lokasi di Pasar nJodhok dan sekitarnya, nDalem Bintaran, sekitar Tamansari dan Mangkubumen, serta di Kraton Yogyakarta.































Sampai artikel ini diupload, proses paska produksi film SSF masih berlangsung dan memasuki tahap sound editing, rekaman ilustrasi musik, serta color grading. Output film ini akan ditayangkan di TV Lokal Jogja dan multiplikasi DVD. Hak cipta dan edar sepenuhnya dipegang oleh Dinas Kebudayaan DIY.










Pemain dan kerabat kerja film Sebelum Serangan Fadjar :

ADIB MAHFUDZ  AHMAD ZAMZURI  ARISTA GUNAWAN  DINDA KUSUMA DEWI  MULTIYANTI
Penata Rias dan Kostum RURI WIDIARTO Penata Artistik HERI NUGROHO
Desain Produksi ISWANJONO Penata Sinematografi ABDUL GAFUR Penata Suara WAYAN NAIN FEBRI-DEDI REDS
Penyunting Gambar CHANDRA HUTAGAOL Penata Musik YUDI REDS-PURWANTO
Pimpinan Produksi STEPHANUS ARIDENI Produser Pelaksana M. APRISIYANTO-BAGUS SURATYO
Casting Director RENDRA BAGUS P Skenario TIM SCF Sutradara TRIYANTO HAPSORO
Supervisi program ERLINA HIDAYATI S Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan SETYAWAN SAHLI
Produser Eksekutif DRS. GBPH. YUDANINGRAT, MM.






0 Komentar:

Post a Comment

Dibalik Layar Film Sebelum Serangan Fadjar