catatan kecil dari pinggir hati

Sinergi Blog dan Social Media

Apa yang akan saya tuliskan ini sekedar pengalaman pribadi, bukan sebuah rumus pasti. Dunia maya adalah dunia yang penuh dengan kemungkinan-kemungkinan. Variablenya terlalu banyak, sehingga tak ada rumus pasti. Kali ini saya akan membicarakan bagaimana mempromosikan blog melalui socialmedia untuk meningkatkan grafik kunjungan ke blog kita.

Pertama, kita harus tahu dulu apa yang kita inginkan saat menulis blog. Sebagai sarana curhat? Atau sharing gagasan dan pikiran-pikiran? atau bahkan ilmu pengetahuan? Semua sah-sah saja sepanjang kita menikmatinya, tak ada paksaan. Toh ini blog personal. Kecuali blog perusahaan yang mewajibkan komponen ini dan itu masuk ke dalam tulisan/artikel.

Kedua, social media apa saja yang kita punya? Semakin banyak tentu akan semakin menyita waktu namun juga semakin potensial untuk mempromosikan konten blog kita.

Setelah dua amunisi disiapkan saatnya kita mengisi socmed dan blog kita. Bagi saya pribadi, teman di FB, follower di twitter adalah aset yang harus dimaintain. Jangan sampai karena keasyikan ngeblog kemudian kita mengurangi atau bahkan menghilangkan interaksi dengan teman kita di socmed. Seperti kita tahu pola marketing telah bergeser dari mass marketing menjadi community based marketing. Marketing yang menggunakan basis komunitas. 2000an teman FB, 2000an follower di twitter saya adalah kolaborator spesial :)

Saya tidak akan membahas bagaimana cara membuat link artikel blog ke socmed, karena sudah banyak blog yang membahas hal ini, dan mereka lebih ahli. Saya hanya akan membahas fokus pada teknik personal branding dalam blog dan socmed. Prinsipnya adalah menjadi diri sendiri, tanpa paksaan. Tulis apa yang ingin ditulis.

1. Social media :
  • Jelaskan kepribadian kita melalui update status atau twit-twit kita.
  • Pahami karakter socialmedia, seperti perbedaan karakter facebook atau twitter
  • Mulai berbagi kepada teman/follower. Boleh membagi apa saja. Mungkin pengetahuan yang kita punya, pekerjaan kita, interes kita terhadap hal-hal tertentu. Tapi jangan membagi kegalauan terlalu sering ya :)
  • Bagi juga link-link bermanfaat. Yang hal ini mungkin menarik teman untuk membukanya.
  • Jangan menyembunyikan identitas. Karena sejatinya social media adalah untuk wahana mengenal dan dikenal.
  • Sapalah akun-akun potensial yang mempunyai banyak follower/teman. Share ide dengan mereka akan lebih baik.
  • Setelah mencapai kuantitas tertentu mulailah menjaga kualitas update. Perkecil kuantitas update galau atau yang sifatnya personal, dan mulai perbanyak twit positif dan bermanfaat. Tapi ini bukan syarat mutlak sih, karena pada dasarnya social media adalah 'panggung virtual'. Kita yang menciptakan 'penonton' dan mengarahkan mereka menjadi 'penonton' yang mandiri dan terbuka. Inilah kenapa twit dalam akun saya cenderung random, karena 'memfasilitasi' karakter follower yang beragam, walau sebenarnya saya juga random sih, suka bicarakan banyak hal :)
2. Blog :

  • Buatlah blog dengan nama yang mudah diucapkan dan diingat. Ciptakan disain yang eye catching namun tak terlalu rumit. Urusi kemasan luarnya dulu, setelah siap baru kita lanjutkan dengan isinya.
  • Tulis saja apa yang ingin ditulis, yang tentunya merepresentasikan diri kita dan bermanfaat. Kalau bisa sih tulisannya fokus pada hal-hal spesifik. Walaupun ini tak terjadi di blog saya ini. Hehehehe
  • Di dalam artikel yang sifatnya serius dan mengandung data, sebaiknya dicantumkan juga link dari data tersebut. Agar lebih fair saja.
  • Jangan lupa mencantumkan link social media kita di blog, atau minimal sertakan alamat email agar pengunjung bisa berinteraksi dengan kita.
3. Berbagilah
  • Saatnya membagi isi blog kita pada teman-teman dan follower kita, agar mereka juga merasakan manfaat dari blog kita.
  • Jangan hanya menggunakan satu socialmedia saja. Berbagilah melalui banyak socmed. Logikanya seperti menembak. Tembakkan saja peluru yang banyak, pasti salah satu akan mengenai sasaran. Nanti setelah expert barulah kita bisa menjadi 'snipper virtual'.
  • Jangan hanya share artikelmu satu kali. Kadang dibutuhkan pengulangan, siapa tahu share sebelumnya belum terbca oleh teman atau follower.
  • Gunakan otomatisasi sharing, misalnya twitterfeed atau feedburner, agar kita tak perlu repot ngetwit atau update status tiap kali membuat artikel
Dengan beberapa prinsip sederhana tadi telah menghasilkan traffic pengunjung yang lumayan di blog ini. Walaupun belum terlalu bagus sih. Namanya juga sedang belajar ngeblog :)



Suatu saat ketika blog telah mencapai target kunjungan tertentu bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan benefit tertentu dengan memasang iklan di blog. Mari berdoa dan bekerja :)

Selamat ngeblog dan bersocialmedia!



Tamansari, 13 Agustus 2013






0 Komentar:

Post a Comment

Sinergi Blog dan Social Media